PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS

PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS - Hallo sahabat MATERI LENGKAP FISIKA KIMIA, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel fisika, Artikel Fisika, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS
link : PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS

Baca juga


PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS

Massa dan Berat, dua besaran yang berbeda, namun terkadang dianggap sama.

Ceritanya beberapa hari yang lalu, Pakgurufisika memberikan tambahan pelajaran/les kepada beberapa siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 9 sebagai persiapan UN yang diadakan bulan April nanti.

Nah, disaat membahas Soal IPA No 2 ( materi besaran dan satuan), saya kembali penasaran ingin menanyakan kepada siswa-siswa tersebut, sebenarnya massa dan berat itu sama atau berbeda. Dan hasilnya, jawaban mereka sesuai dengan prediksi saya. Mereka menjawab keduanya sama. Hal tersebut sudah saya maklumi karena beberapa bulan yang lalu saat saya memberikan pertanyaan yang sama kepada siswa-siswi disalah satu sekolah swasta favorit dikota solo pun jawabannya sama.


Iya, hal ini memang sederhana, kesalahan sederhana namun sudah dianggap "biasa". Bolehkan kita menganggapnya sama ??
tentu boleh-boleh saja,,,itu kan terserah kalian, tidak ada paksaan disini:D

Namun jika kita berpegang pada "Ilmu" yang benar, maka bijaknya jika kita menemukan kesalahan, hendaknya tidak menganggap biasa atau remeh, walaupun hal tersebut sederhana dan mungkin tidak terlalu berefek pada kehidupan kita. Jangan sampai, Kesalahan-kesalahan tersebut kita wariskan kepada generasi penerus kita..

Mungkin memang sudah banyak artikel blog yang sudah membahas fenomena ini, namun kami rasa tak ada salahnya jika kami membahasnya lagi :)
Siapa tau,,,iya siapa tau masih ada temen-temen disini yang masih belum tahu perbedaanya.

MASSA (m)
Jika kita belajar materi Besaran dan satuan saat SMP kelas 7 atau mungkin SD sekarang sudah diajarkan, tentu kita sudah tak asing lagi dengan istilah "massa". 
Massa adalah Inersia, maksudnya? 

Benda yang inersianya besar mempunyai kecenderungan besar untuk tidak bergerak dipercepat,benda yang inersianya besar dikatakan massanya besar. 

Perhatikan ilustrasi sederhana berikut!
Dalam gambar tersebut seseorang mencoba menarik 2 buah benda ( Benda 1 dan Benda 2, 2 benda dengan jenis sama ), Ukuran dan massa benda 2 > ukuran benda dan massa benda 2. Maka benda yang akan tertarik paling jauh yang mana?
Tentu benda yang memiliki massa yang lebih kecil yang akan tertarik. iya, kan ?
Sudah dong dengan masalah inersia/massa ?

Satuan internasional (SI) massa adalah kg. Massa dimanapun nilainya sama, dan tidak akan berubah walaupun dikur ditempat yang berbeda (di bumi, di bulan, di planet mars hasil pengukurannya sama), Kecuali jika kita terkena efek relativitas.

BERAT (w)
Berat merupakan gaya yang dikerjakan bumi terhadap benda. Definisi lebih tepatnya, Berat suatu benda adalah resultan (jumlah) gaya gravitasi pada benda itu akibat gaya tarikan semua benda-benda di alam semesta, Namun karena jaraknya sangat jauh yang mengakibatkan kontribusi gaya gravitasi akibat tarikan bintang sangat kecil,maka dapat diabaikan.

Berbeda dengan massa yang nilainya tetap, berat benda tergantung lokasi.

Perhatikan gambar berikut!
Contoh jika benda memiliki massa 100 kg, beratnya bisa 980 N ( dipermukaan laut g = 9,8m/s2
atau 96 N ( diatas gunung g = 9,76 m/s2). 

Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel Perbedaan Massa dengan Berat dibawah ini !!

No
Massa ( m )
Berat (W)
1.
Adalah jumlah zat yang dikandung oleh suatu benda
Adalah besar gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda tersebut
2.
Nilainya selalu tetap
Nilainya bergantung besar gaya gravitasi di tempat benda berada
3.
Satuannya dalam SI adalah kilogram (kg)
Satuannya dalam SI adalah Newton (N)
Bagaimana, paham kan bedanya massa dan berat ?
jika kamu ingin menyebarkan ilmu yang bermanfaat, jangan lupa share postingan ini dengan menu share dibawah postingan

Sekian, semoga bermanfaat


Demikianlah Artikel PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS

Sekianlah artikel PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS dengan alamat link http://agussobana05.blogspot.com/2016/01/pembahasan-lengkap-massa-dan-berat.html

0 Response to "PEMBAHASAN LENGKAP Massa dan Berat, Berbeda tapi kadang dianggap sama DEENDS"

Posting Komentar